PANDUAN MENGELOLA BLOG DI WORDPRESS


Memiliki sebuah blog, belum sempurna rasanya kalau tak tahu cara mengolahnya. Kan sayang susah-susah membuat blog kalau tak bisa memakainya. Seperti memiliki sebuah mobil baru, kan sayang kalau tak tahu cara mengemudikannya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah panduan untuk mengelola sebuah blog. Kalau sudah tahu cara mengelolanya, suatu hari nanti pasti blog anda akan menjadi blog bagus yang siap bersaing di dunia internet.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara sederhana mengelola sebuah blog, saya tunjukan artikel ini buat para pemula yang baru terjun didunia blog.Selamat mengikuti.

1. Membuat tulisan baru

Jika anda mempunyai sebuah tulisan yang siap diterbitkan, maka segeralah isi blog anda dengan tulisan tersebut.caranya pilihlah menu TULIS, lalu pilih sub menu TULISAN. Setelah itu, tulis judulnya di bagian atas dan isi tulisan di bagian bawah. Begitu selesai,di pinggir kanan anda klik TERBITKAN. Namun jika anda hanya ingin menyimpannya (tanpa diterbitkan) klik saja SIMPAN. Setelah itu kunjungi situs anda dengan mengklik KUNJUNGI SITUS yang ada dibagian atas dan pinggir nama blog anda.

2. Menambah halaman

Jika anda mempunyai tulisan yang istimewa, alangkah bainya jika anda menyimpannya pada halaman khusus. Cara membuat halaman, anda tinggal memilih menu TULIS, lalu pilih sub menu HALAMAN. Setelah itu isilah dengan tulisan tersebut. Saya sarankan judulnya jangan terlalu panjang, maksimal 3 kata. Setelah selesai, kunjungi situs anda.,

3. Mengelola tulisan dan halaman

Untuk mengelola tulisan yang sudah terbit, atau pun yang tidak terbit dan hanya menjadi arsip, anda tinggal pilih menu KELOLA dan sub menu TULISAN. Disana terdapat daftar tulisan-tulisan yang pernah anda buat. Untuk menhapus tulisan, cukup dengan memberikan tanda centang pada tulisan anda dan klik HAPUS. Kalau anda mau mengedit tulisan, cukup anda mengklik judul tulisan tersebut, setelah itu lakukan pengeditan seperti membuat tulisan baru. Setelah beres, klik SIMPAN dan kunjungi situs anda. Adapun cara mengelola halaman yang pernah anda buat, anda tinggal memilih sub menu HALAMAN dan lakukan seperti langkah diatas.

4. Menambahkan gambar, suara, video dll

Jika anda memiliki tulisan yang menggunakan gambar, atau anda iangin menerbitkan sebuah gambar, anda tinggal membuat tulisan baru, lalu meletakkan kursor dimana anda akan meletakkan gambar tersebut. Setelah itu pilihlah pada TAMBAHKAN MEDIA yang terdapat di bawah judul tulisan anda, icon yang pertama. Lalu tunggulah sampai muncul sebuah kotak kecil, lalu klik PILIH BERKAS UNTUK DIUNGGAH, setelah itu masukan gambar yang akan digunakan, dan setelah itu tunggulah sampai muncul formulir data gambar yang akan digunakan dan isilah. setelah itu pilih SISIPKAN KEDALAM TULISAN dan tunggu hasilnya. selain itu, cara yang sama bisa anda gunakan pada file yang lainnya.

5. Menyisipkan link atau taut

Sebuah tulisan yang memiliki hubungan atau berkaitan dengan situs lain, anda bisa menyisipkan sebuah link atau taut kedalam tulisan anda dengan tujuan situs yang bersangkutan. Caranya, blok tulisan yang ingin disisipi link/taut, setelah itu pilihlah icon yang bergambar rantai diatas tulisan anda, dan jika icon itu disorot oleh pointer, akan muncul tulisan hyperlink. Lalu akan muncul sebuah kotak kecil. Setelah itu tambahkan tulisan “http://” dengan situs yang akan anda tuju, setelah itu klik SISIPKAN.

Itulah tips sederhana dalam mengelola sebuah blog. Dengan ditambahkan kekereatifan anda dalam membuat content (isi dari blog). Saya yakin blog anda akan menjadi blog yang bagus dan mampu bersaing. Nantikan pula tips mengelola blog lainnya yang akan membahas lebih dalam lagi. Selamat mencoba dan semoga sukses.

 author : By Zens from ayomajucoy.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s